Minggu, 27 November 2011

Kastil : Dari Masa ke Masa :)



Nah, kita mulai dari perkenalan dulu yaa. Kajian Strategis Ilmiah, atau lebih dikenal dengan sebutan Kastil, merupakan salah satu seksi dari Senat Mahasiswa FK UNPAD yang bekerja di bidang kajian. Kastil telah berdiri sejak lama, namun berada pada zona "kursi panas" di tahun kepengurusan 2007-2008, dimana saat itu Kastil dikepalai oleh Teh Almira Aliyannisa, atau yang lebih kita kenal dengan sapaan Teh Moi :)

Saat itu, kampus FK UNPAD sedang mengalami peralihan dari BEM menjadi Senat, sehingga fokus kepengurusan menjadi terpecah antara revitalisasi kastil dan revitalisasi Senat secara keseluruhan. Terlebih lagi, Kastil pada saat itu sangat sepi peminat dan bisa dikatakan "inaktif" sejak 2002.

Karena dikatakan masih mencari akan arah dan tujuan, Kastil pada masa itu pun lebih masuk ke fase "imitate", dimana arah geraknya lebih difokuskan dalam mencari data sebanyak-banyaknya tentang Kastil dari Kastrat unversitas lain agar arah gerak Kastil lebih terarah. Perekrutannya yang secara personal dan mempertimbangkan potensi juga benar-benar sangat efisien, dimana saat itu benar-benar mengangkat Kastil dan menjadikan strukturnya lebih kokoh.

Bergerak perlahan namun pasti. Lama-kelamaan kepengurusan Kastil menjadi lebih struggle. Kastil pun mulai dianggap eksistensinya di tingkat nasional. Salah satunya yakni dipercaya untuk mengisi presentasi kajian di FMB Nasional, saat itu di FK UI. Sejak saat itu, Kastil selalu dipercaya untuk mengisi kajian-kajian di tingkat nasional dan acapkali disebut-sebut sebagai kartu as kajian tingkat nasional.

Namun, dibalik itu semua, masih banyak PR yang harus diselesaikan Kastil. Mengumpulkan anggota,
memaksimalkan kajian, dan yang paling penting, yakni bagaimana memaksimalkan pencerdasan. Aksi nyata, lebih diyakini paling efektif bagi seorang mahasiswa. Namun, pertanyaannya,  apakah semacam aksi itu dibenarkan?

Memang, kalau sudah sampai di tingkat aksi, kita semua pun masih rancu. Akan lebih baik lagi, apabila kita merencanakan pencerdasan yang lebih cerdas. Yang lebih valued dan sustained. Kita bisa menjalin hubungan dengan Kastrat lain; menyatukan serta mem-publish pencerdasan kita bersama-sama, dan dengan kegiatan yang lebih fun. Akan lebih baik lagi, sambil pencerdasan, kita bisa mengambil ilmu dari mereka, yang nantinya kita gunakan agar Kastrat kita menjadi jauh lebih baik.

Sebenarnya, bila kita membuka mata, akan banyak ladang-ladang pembelajaran yang siap dihinggapi dan diambil ilmunya. Nah, sekarang tinggal bagaimana kita, generasi mendatang dari Kastil, mengambil pelajaran dari yang lalu, dari sekitar, untuk membangun sebuah Kastil yang lebih indah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar