Sabtu, 03 Desember 2011

APABILA KAMU DIBERIKAN 20 STAFF, MAKA USAHA APA YANG AKAN KAMU LAKUKAN UNTUK MENJAGA STAFF KAMU?


Bila saya ditanya akan hal seperti itu, yang saya akan sadari pertama bahwa : kinerja yang baik akan datang dengan manajemen anggota yang baik oleh ketuanya. Tentunya saya akan meng-upgrade diri saya terlebih dahulu sebelum saya menjadi pemimpin anggota saya yang lain.
Setelah itu, saya akan mencari tahu terlebih dahulu SWOT mereka. Dengan mengetahui SWOT mereka, kepribadian mereka, saya bisa tahu kelebihan dan kekurangan serta job desk yang sesuai dengan keterampilan mereka. Setelah itu, saya juga akan melakukan pendekatan intrapersonal terhadap anggota, untuk menjalin kekerabatan antara anggota dan ketua, karena sering timbul permasalahan seperti anggota yang tidak mempercayai ketua, semangat tiba-tiba turun di tengah kepengurusan, dll. Nah, dengan pendekatan intrapersonal terhadap anggota, kita jadi lebih mengerti akan keinginan anggota, apa yang sebenarnya diharapkan anggota terhadap kita sebagai ketua ataupun harapan pada organisasi keseluruhan. Dengan itu, kita juga jadi lebih mengetahui apakah ada satu anggota yang bisa dikatakan “tersinggung” terhadap anggota lain, ataupun bahkan ke kita sebagai ketua.
Nah, dengan mengetahui poin-poin penting di atas, kita bisa dengan cermat membentuk suasana yang kondusif di dalam kepengurusan. Dan lagi, apabila memang ada “clash” dalam kelompok, maka kita sebagai ketua bisa mengambil jalan tengah dalam permasalahan tersebut.
Dari poin-poin di atas, yang paling ingin saya tekankan yakni suasana yang kondusif. Sebenarnya, suasana yang kondusif bukan hanya tugas ketua, tapi melibatkan semua elemen yang ada dalam kepengurusan. Dengan menciptakan suasana yang kondusif, akan tercipta tidak hanya hubungan yang baik antar elemen, tapi juga satu kesinergisan gerak yang nantinya akan membawa organisasi tersebut terbang melesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar